A. Usaha Pengembangan Madrasah

  Unsur Tugas Utama  Indikator Kinerja  Data Yang Diharapkan  Bukti Fisik
1.1.Mengembangkan madrasah sesuai dengan kebutuhan.1. Mampu menggembangkan struktur organisasi yang sesuai dengan kebutuhan program.Dokumen struktur madrasahMelalui observasi dan studi dokumen:
(1) bagan/struktur organisasi;
(2) notulen rapat yang berisi keputusan tentang penyusunan struktur organisasi;
(3) dokumen sosialisasi
; dan
(4) Daftar Hadir
2. Mampu menempatkan personalia yang sesuai dengan kebutuhanDokumen uraian tugas personalia di madrasahMelalui studi dokumen:
(1) dokumen penetapan/pengesahan susunan organisasi madrsaha;
(2) rincian tugas setiap personil pada struktur organisasi madrasah;
(3) SOP Personalia; dan
(4) Sertifikat
3. Mampu mengembangkan pedoman dan prosedur kerja organisasi madrasahPedoman dan prosedur kerja organisasi madrasahMelalui obsevasi dokumen: SOP madrasah
1.2.Mengelola perubahan dan pengembangan madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif.1. Mampu mengembangkan program baru untuk meningkatkan pencapaian target yang lebih tinggi.Program pengembangan madrasah mengandung target pencapaian pada indikator keunggulan khas satuan pendidikan, kerja sama tim, dan data realisasi target yang meningkat daripada pencapaian sebelumnya.Melalui studi dokumen:
(1) visi dan Misi madrasah;
(2) data prestasi madrasah;
(3) data hasil UN 3 tahun terahir;
(4) Data Alumni
2. Mampu dan terampil dalam membangun tim kerja yang efektif untuk mendapatkan produk kinerja yang lebih unggul.Terdapat struktur organisasi yang dilengkapi dengan distribusi dan deskripsi pembagian tugasMelalui observasi dan studi dokumen:
(1) bagan/struktur organisasi;
(2) SK;
(3) tugas dan fungsi;
(4) Terbentuknya KKG/MGMP;
(5) Program KKG/MGMP; dan
(6) Laporan kegiatan KKG/MGMP
3. Mampu menerapkan berbagai teknik pembaharuan dalam pengelolaan pembelajaran.Terdapat penerapan strategi pembaharuan dengan strategi yang terprogramMelalui studi dokumen:
(1) KTSP;
(2) kalender pendidikan;
(3) perangkat pembelajaran;
(4) penilaian; DAN
(5) peraturan akademik
4. Mampu mengembangkan potensi dan meningkatkan prestasi madrasahDokumen bukti perkembanganpotensi dan prestasi peserta didik, yang meningkat dari waktu ke waktu.Melalui studi dokumen:
(1) data prestasi madrasah 1 tahun terahir;
(2) data hasil UN 1 tahun terahir;
(3) Dokumen Akreditasi; dan
(4) Program Ekstrakurikuler
1.3.Mengelola hubungan antara madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan.1. Merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakatData kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakatMelalui studi dokumen:
(1) SK komite madasah;
(2) AD/ART komite madrasah;
(3) program kerja komite madrasah;
(4) laporan kegiatan komite madrasah; dan
(5) dokumen tertulis kerja sama (MUO).
2. Melakukan pendekatan-pendekatan dalam rangka mendapatkan dukungan dari lembaga pemerintah, swasta dan masyarakatDokumen pragram kerjasama dengan pemerintah, swasta, dan masyarakatMelalui studi dokumen:
(1) Program kegiatan kerja sama;
(2) Foto kegiatan; ‘
(3) Jadwal Kegiatan; dan
(4) Sk Penanggung Jawab program.
3. Memanfaatkan dan memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakatData hasil kerjasama dengan lembega pemerintah, swasta, dan masyarakatMelalui studi dokumen: Laporan kegiatan kerja sama
1.4.Mengelola proses pencapaian 8 SNP sesuai dengan arah dan tujuan Pendidikan nasional1. Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu kepada standar isiDokumen analisis 8 SNP dalam hal standar iniMelalui studi dokumen:
(1) KTSP;
(2) kalender pendidikan;
(3) perangkat pembelajaran;
(4) penilaian;
(5) peraturan akademik; dan
(6) Buku Kerja Guru.
2. Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang mengacu kepada standar prosesDokumen analisis 8 SNP dalam hal standar prosesMelalui studi dokumen:
(1) dokumen pengembangan silabus;
(2) RPP;
(3) RPE;
(4) buku teks;
(5) jurnal mengajar guru; dan
(6) data siswa.
3. Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang mengacu kepada standar penilaianDokumen analisis 8 SNP dalam hal standar penilaianMelalui studi dokumen:
(1) instrumen penilaian;
(2) kisi-kisi soal;
(3) kumpulan nakah soal;
(4) analisis butir soal;
(5) dokumen analisis hasil belajar siswa;
(6) laporan hasil belajar siswa;
(7) tindak lanjut hasil penilaian;
(8) dokumen pelaksanaan PAS; dan
(9) dokumen pelaksanaan PAT.
4. Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar kompetensi lulusanDokumen analisis 8 SNP dalam hal standar kompetensi lulusanMelalui studi dokumen:
(1) dokumen program kegiatan kesiswaan;
(2) laporan kegiatan kesiswaan;
(3) dokumentasi kegiatan kesiswaan;
(4) laporan kegiatan pembiasaan siswa;
(5) dokumen kegiatan literasi;
(6) data rata-rata hasil ujian 2 tahun terahir;
(7) data prestasi akademik 2 tahun terahir; dan
(8) data prestasi non akademik 2 tahun terahir.
1.5.Mengelola unit layanan khusus madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di madrasah.1. Mampu mengelola laboratorium madrasah agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan pembelajaran peerta didikAdanya bukti pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll (Kosongkan jika RA)Observasi dan studi dokumen:
(1) luas memenuhi sesuai standar;
(2) sarana pendukung lab;
(3) jurnal laboratorium; dan
(4) Program Pengembangan Sarpras.
2. Mampu mengelola perpustakaan madrasah dalam menyiiapkan sumber belajar yang diperlukan oleh peserta didik.Adanya bukti pemanfaatan lperpustakaan dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dllObservasi dan studi dokumen:
(1) luas memenuhi sesuai standar;
(2) sarana pendukung;
(3) daftar buku induk perpustakaan; dan
(4) laporan/statistic pengelolaan perpustakaan.
3. Mampu mengelola usaha madrasah untuk pembelajaran pesera didik dan pemasukan tambahan dana bagi madrasah.Adanya bukti kegiatan usaha madrasah dalam pembelajaran.Melalui studi dokumen: data/laporan kegiatan usaha madrasah
4. Mampu mengelola koperasi madrasah baik sebagai media praktik maupun sebagai sumber belajar bagi peserta didik.Adanya bukti pemanfaatan koperasi dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dllObservasi dan studi dokumen:
(1) instrumen hasil praktek pembelajaran; dan
(2) foto kegiatan praktik
1.6.Mengelola sistem informasi madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.1. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen madrasahAdanya bukti pemanfaatan teknologi indformasi dan komunikasi dalam manajemen madrasahObservasi, studi dokumen dan wawancara:
(1) fasilitas teknologi dan informasi; dan
(2) sumber daya informasi
2. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, baik sebagai sumber belajar maupun sebagai alat/media pembelajaran.Adanya bukti pemanfaatan teknologi indformasi dan komunikasi sebagai sumber belajar dan media pembelajaranObservasi lingkungan madrasah dan wawancara:
(1) ketersediaan komputer;
(2) jaringan internet;
(3) website madrasah;
(4) alamat email madrasah; dan
(5) pemanfaatn TIK untuk pembelajaran.
3. Memanfaatkan teknologi teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain.Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin kerjasama dengan pihak lainObservasi lingkungan madrasah, wawancara dan studi dokumen:
(1) pengelolaan SIM;
(2) fasilitas SIM;
(3) surat tugas pengelola SIM; dan
(4) pelaporan data dan informasi.
4. Memanfaatkan teknologi teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program madrasah dan prestasi yang telah dicapai.Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program madrasah dan prestasi yang dicapaiObservasi lingkungan madrasah, wawancara dan studi dokumen:
(1) pengelolaan SIM;
(2) fasilitas SIM;
(3) surat tugas pengelola SIM; dan
(4) pelaporan data dan informasi.
1.7.Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen madrasah1. Mampu mengembangkan sistem administrasi pengelolaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi.Terdapat penerapan TIK (berbasis komputer, CD, jejaring intranet, internet) dalam pengelolaan administrasi administrasi persuratan, sarana prasarana, kepegawaian, kepeserta didikan, dan keuangan.Observasi lingkungan madrasah dan wawancara:
(1) jumlah komputer dan LCD yang cukup;
(2) memiliki jaringan internet;
(3) memiliki web sekolah;
(4) memiliki e-mail madrasah; dan
(5) Memanfaatkan TIK untuk adminitrasi madrasah.
2. Mengelola adminsistasi pembelajaran secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi.Model penerapan TIK dalam pengelolaan adminsitrasi kurikulum dan pembelajaran, misalnya, pengelolaan kurikulum berbasis komputer, intranet, dan internet.Observasi lingkungan madrasah dan wawancara:
(1) jumlah kompute dan LCD yang cukup;
(2) memiliki jaringan internet; dan
(3) memanfaatkan TIK untuk pembelajaran.
3. Mampu mengembangkan sistem pengelolaan perpustakaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi.Model pemanfaatan TIK dalam sistem pengelolaan perpustakaan berbasis komputer, intranet, atau internet.Observasi dan studi dokumen:
(1) katalog digital;
(2) BSE;
(3) akses internet;
(4) komputer; dan
(5) dokumen aplikasi layanan perpustakaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *